Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 04 Maret 2009

Apa yang telah kuperbuat untuk kemanusiaan??

Setelah kubaca majalah CHIP dengan judul "ketika website menyelamatkan dunia" terbersit dalam hatiku, apa yang telah kulakukan untuk andil dalam memberi sesuatu pada DUNIA ini?? Sebenarnya banyak hal yang bisa aku bantu untuk DUNIA ini, terutama untuk gerakan sosial kemanusiaan.

Dalam gerakan sosial, tak ada uang yang akan disumbangkanpun bukan suatu masalah. Aku bisa menyumbangkan ide dan pemikiran, bagaimana cara menghimpun dana, bagaimana menemukan metode yang tepat untuk membantu secara berkelanjutan yang dalam istilah, "membantu dengan kail dan tidak sekedar ikan".

Dalam hal menyumbangkan tenaga, akupun bisa menyalurkannya sesuai bidang profesi atau hobby yang aku bisa dan aku suka. Aku yang kebetulan hobby internet, facebook/friendster atau ikutan milis, bisa membantu dengan me'link'an website/jejaring organisasi nirlaba untuk gerakan sosial. Aku yang berprofesi sebagai guru, bisa membantu membimbing dlm sekolah minggu. Aku yang kebetulan punya usaha berjualan, bisa membantu mengembangkan koperasi stasi/lingkungan dengan memberi harga miring ataupun menginformasikan daftar tempat kulakan yang cukup murah agar didapat gain yang besar. Aku yang punyanya cuma teman-teman nongkrong, bisa menginformasikan wadah gerakan sosial melalui getok tular, dari mulut ke mulut.

Aku yang punyanya cuma koin receh yang menumpuk diatas lemari, bisa aku sumbangkan untuk mereka. Karena dibalik uang receh yang menurut aku tak begitu berguna, disana adalah kesempatan bagi anak-anak kurang mampu untuk bersekolah. Aku yang punyanya cuma majalah bekas, tas bekas yang layak pakai, bisa pula aku sumbangkan untuk mereka yang membutuhkan.

Sepertinya aku tidak punya halangan lagi untuk tidak ikut andil dalam gerakan sosial kemanusiaan. Hanya tinggal satu halangan yang harus aku menangkan: kemalasanku, rasa ketidakrelaanku untuk memberi dari kelimpahanku, dan pikiran untuk menunda-nunda waktu dalam memenuhi kebutuhan rohaniku untuk membantu bagi sesama...

Masih ingat dengan lagu Mariah Carey ini??
There's a hero / If you look inside your heart/You don't have to be afraid of what you are/There's an answer, if you reach into your soul/ And the sorrow that you know, will melt away… Memang sudah seharusnya diriku menjadi pahlawan bagi rohaniku…

Selamat bermasa prapaska... Semoga dalam sengsara Kristus untuk keselamatan kita, semakin mendorong kita untuk berani membantu bagi sesama.

Jika teman-teman, keluarga atau saudara anda ingin menyumbangkan bantuan kemanusiaan, bisa teman2 rekomendasikan melalui BAKSOS CHOICE 2009 untuk saudara-saudara kita di Desa Penadaran, Gubug, Purwodadi.Selengkapnya tentang baksos choice bisa dilihat di http://baksos2009.blogspot.com atau www.baksos2009.blogspot.com.

Berkah Dalem

Ditulis Oleh : Harri // 23.59
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar