Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 23 Januari 2015

Pesan Bob Sadino

Bob Sadino, adalah sosok entrepreneur yang selalu tampil unik. Bahkan ia secara kasat mata, tak menunjukkan seorang pengusaha sukses. Padahal, sepak terjangnya dalam dunia bisnis tak terbantahkan. Bahkan, dia sering diundang ke banyak seminar motivasi bagi pengusaha-pengusaha muda. Berikut beberapa pesan-pesan motivasi dari beliau:








"Terakhir yang saya dengar dari beliau, Naomi apa pun yang di bawah matahari bisa dijual. Pokoknya beliau nggak ada duanya," kenang Naomi.

Ia menambahkan, meninggalnya Bob Sadino tak hanya membuat keluarga merasa kehilangan, namun banyak masyarakat Indonesia juga kehilangan termasuk pelaku usaha nasional. "Aku rasa bukan aku saja dan keluarga, tapi Indonesia juga kehilangan my prof, beliau itu seperti meniupkan roh ke orang banyak, terlahir pengusaha-pengusaha. Beliau nggak pelit ilmu, humble, dan down to earth," jelas Naomi.

Pernyataan Naomi sepertinya disetujui oleh CEO Saratoga Grup Sandiaga Uno. Menurutnya, Bob Sadino merupakan sosok pengusaha yang berbeda dari kebanyakan pengusaha lainnya. Karena bertindak praktis, cepat mengambil keputusan, dan berpikir di luar dari kebiasaan atau berpikir out of the box. Sandi mengatakan, Bob pernah mengkritiknya karena dianggap sering banyak berpikir untuk memutuskan sebuah usaha.

"Sementara kalau menurut beliau, yang namanya usaha itu harus cepat ambil keputusan. Dia mencontohkan, kalau mau belajar berenang ya harus terjun langsung ke kolam renang jangan berenang di darat," ungkap Sandi.

Bicara soal ciri khas om Bob yang bercelana pendek, menurut Sandiaga Uno, om Bob sukses membangun brand image, sehingga dia banyak dikenal orang. Ketika ada yang meniru gayanya menggunakan celana pendek, om Bob hanya meminta agar tidak menirunya. Di situlah letak filosofi celana pendek om Bob.

"Pesan kunci, untuk pengusaha muda adalah ciptakan brand sendiri," ujar CEO Saratoga Grup Sandiaga Uno, kemarin.

Dalam pandangan Sandiaga, penampilan om Bob dengan celana pendeknya merupakan upaya menciptakan kekhasan atau dalam istilah bisnis dikenal dengan branding. Branding menjadi unsur penting yang akan mengingatkan orang pada produk, perusahaan, hingga sosok seseorang. "Celana pendek merupakan upaya om Bob untuk menciptakan branding," katanya.

Om Bob dikenal sebagai seorang enterpreneur. Dia cukup ahli menularkan optimisme di kalangan pengusaha muda dan wiraswasta yang ingin memulai bisnisnya. Dalam setiap kesempatan menjadi pembicara di seminar enterpreneur, om Bob selalu berkisah tentang perjalanan bisnisnya. Dari mulai sukses bekerja di Eropa, terpuruk dan bangkrut, hingga kembali bangkit dan meraih sukses dalam bisnis. "Fokus jadi yang terbaik dan just do it," kata Sandiaga merefleksikan intisari dari filosofi celana pendek om Bob. jk/rmc/ump

Ditulis Oleh : Harri // 14.19
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar