Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 18 Juni 2013

MC Acara Doa Bersama Warga (Audiens Orangtua dan Anak-Anak)

1. Signal to Start. Mohon perhatian, acara akan segera dimulai.
+ Assalamualaikum…
+ Selamat datang dalam acara Malam Doa Bersama Warga RT 04
    RW 04
+ Apakabar bapak ibu?? kesehatan, rejeki?, Anak Cucu?
+ Sapa secara khusus adik-adik Warga RT 04.
- Apa kabar, tanya tentang hasil Test
- Tebak-tebakan lucu dan  Cerita tentang "Petualangan 2 orang Pilot"
Tujuan dari sesi ini agar audien anak-anak tidak ngantuk, jenuh dan tetap fokus pada acara. Sesi ini dapat dirubah di awal atau akhir tergantung situasi. Agar menarik diakhir cerita diadakan pertanyaan, dan disiapkan gift/hadiah kecil bagi anak yang berhasil menjawab.
Untuk contoh cerita "Petualangan 2 orang pilot" ada pada akhir artikel ini.

2. Kenalkan diri. Saya Harri akan menjadi pemandu acara Malam Doa Bersama ini. Jika ada khilaf dan salah kata selama membawakan acara ini sebelumnya dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf. …

-- Doa Pembukaan --

2. Sapa audiens.
Bpk Ketua RW 04
Pengurus RW 04
Bpk RT 02 :
Bpk RT 01
Ibu Pengurus PKK RW
Sesepuh RW 04
Para sesepuh RT 04, Bapak Ibu, saudara saudari Warga RT 04 RW 04.

3. Salam. Assalamu’alaikum,. Selamat Malam & Salam Sejahtera untuk kita semua

Sungguh suatu kebahagiaan bagi kita semua, bapak ibu saudara-saudari dan adik-adik berkenan hadir dalam acara malam hari ini dalam kondisi sehat tak kurang suatu apapun.

Saat ini berkumpul dalam acara  Malam Doa Bersama Warga ……   yang merupakan bentuk nyata paguyuban Warga RT 04 yang begitu baik, guyub & rukun
Kegiatan ini juga sebagai sarana bentuk syukur sekaligus pengharapan bagi kita semua agar kita semua selalu diberi rahmad kesehatan, rejeki yang cukup, lingkungan yang damai serta dijauhkan dari segala godaan dan rintangan.   .

6. susunan acara.
Doa pembukaan
Sambutan - Sambutan
Acara Puncak Malam Doa Bersama
Lain-lain
Penutup

8. Bridging.
+ Sebelum acara puncak:
Didalam doa ada ampunan, didalam doa ada syukur, didalam doa ada pengharapan.

Doa menjadikan kita mendapat ketenangan dan damai
Doa membangkitkan keyakinan kekuatan badan dan pikiran.
Doa dapat mengantar kita pada untaian peristiwa bersejarah
Doa menjadi pengantar harapan jadi nyata.

Jika Tuhan menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Tuhan membiarkan kamu maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu selain dari Tuhan??

9. Thanks to audience, committee, and sponsors.

10. Closing, menutup acara


PETUALANGAN DUA ORANG PILOT
Alkisah, pada suatu hari ada sebuah pesawat tempur dengan 2  orang pilot yang sedang terbang di atas laut tiba-tiba saja mengalami kerusakan mesin.
Secara cepat pilot kemudian berupaya mencari pulau terdekat untuk mendaratkan pesawat tersebut. Akhirnya dengan susah payah, pesawat tersebut berhasil mendarat di laut dan kedua pilot berenanglah menyelamatkan diri menuju pulau kecil yang tidak berpenghuni.
Kedua pilot yang selamat tersebut tak tahu apa yang harus dilakukan karena seluruh peralatan yang ada telah rusak terendam air. Namun keduanya yakin dan percaya bahwa tidak ada yang dapat dilakukan kecuali berdoa kepada Tuhan.
 Untuk mengetahui doa siapakah yang paling dikabulkan, kemudian mereka sepakat untuk  saling berpisah  menuju sisi-sisi pulau kecil tersebut.
Waktupun  berlalu, merekapun  mulai lapar dan haus. Kemudian pilot pertama mulai berdoa agar ia diberikan makanan. Tanpa disangka keesokan harinya, begitu pilot pertama bangun ia telah mendapatkan nasi kotak komplit, ada ayam panggangnya, ada buah pisang, ada wedang ronde dan  tak ketinggalan ada getuk kethek-nya juga.  Cepat-cepat Pilot Pertama menikmati hidangan didepannya… nyam, nyam, nyam….. eenaakkk….
 Pilot Pertama  ingat akan temannya,  Pilot Kedua. Diapun bangun kemudian melihat dari kejauhan.  Nun jauh disana, disisi pulau kecil itu, pilot kedua tidak merasakan hal seperti yang ia alami.
Setelah kenyang dan mengetahui bahwa Tuhan  mengabulkan doanya, maka Pilot Pertama  kembali duduk dan mulai berdoa memohon untuk diberikan  pakaian yang wangi,HP Blackberry,  rumah dan segala macam yang ia butuhkan. Keesokan harinya, seperti ada keajaiban saja, maka semua yang ia minta telah tersedia dihadapnya.  Kembali ia ingat akan temannya Pilot Kedua.. Dilihatnya, nun jauh disana,  Pilot Kedua masih seperti sebelumnya, tidak terjadi apa-apa seperti sebelumnya. Pilot Pertamapun tersenyum kecil, hihihi….
Akhirnya, pilot pertama kembali duduk dan mulai berdoa  agar ia diselamatkan dari pulau tersebut untuk dapat berkumpul kembali dengan keluarganya. Pagi harinya ia telah mendapatkan sebuah sampan tertambat di sisi pantai, lengkap dengan perbekalannya.
Bergegas Pilot Pertama menaiki sampan yang tertambat itu dan bersiap-siap berlayar untuk meninggalkan pulau tersebut.  Ia pun memutuskan untuk meninggalkan temannya, Pilot Kedua, di pulau tersebut.
. Begitu pilot pertama hendak berangkat, ia mendengar suara menggelegar dari langit. "Wahai  Pilot Pertama,  mengapa engkau tega meninggalkan temanmu di pulau ini?".
Kemudian pilot pertama menjawab, "Berkah-Mu hanyalah untukku, ya Maha Agung, karena hanya doakulah yang Engkau kabulkan. Doa-doa temanku itu tidak pernah Engkau kabulkan, maka ia tidak pantas untuk mendapatkan apa-apa".
Kemudian pilot pertama kembali berujar, "Katakanlah ya Tuhan, doa macam apa yang ia panjatkan kepada-Mu, sehingga aku harus berbagi  berkah dan ridho-Mu atas semua ini kepadanya?".

Pertanyaan: Kira-kira doa apa yang dipanjatkan oleh Pilot Kedua hayoo….??? 

Kemudian terdengar suara menggema, "Teman mu, hanya berdoa agar semua doa mu dikabulkan".

Moral Cerita:
* Jangan sombong,  selalu berbagi dengan teman yang membutuhkan pertolongan
* Bahwa ada orang-orang yang sangat mencintai kita, ia selalu menyebut kita dalam doa-doanya.

Ditulis Oleh : Harri // 13.51
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar